Springbed kotor sumber penyakit, Yuk bersihkan dengan cara ini !

membersihkan

Tidur di atas springbed yang empuk, wangi dan bersih, tentu saja akan membuat Tidur anda nyaman dan nyenyak. Namun, sayangnya banyak sekali orang yang jarang merapikan atau membersikan springbed. Padahal, tanpa Anda tahu, springbed bisa jadi sumber kuman penyakit lho . Lalu , bagaimana cara membersihkan springbed murah berkualitas yang benar ya?

APA YANG TERJADI JIKA TIDUR DI SPRINGBED KOTOR ?

Kamu biasanya  menghabiskan 7 sampai 8 jam tidur di atas kasur. Itulah sebabnya kasur yang Kamu pakai harus bebas dari noda, kotoran, tungau, kuman, dan jamur. Kasur tidur  kotor tersebut tentu akan memberikan efek yang tidak baik bagi kesehatan Anda. Mulai dari memicu gejala alergi kembuh, batuk, dan kulit gatal . Semua itu bisa menggangu tidur, bahkan mengganggu aktivitas Anda di esok harinya.

Supaya dapat tidur dengan nyaman, Anda harus menjaga kebersihan kasur. Dan, cara membersihkan kasur/ springbed juga tidak boleh asal ya.  Kuman kotoran dan tungau tidak nampak secara kasat mata sehingga Kamu butuh cara yang sangat ekstra untuk mengusirnya dari kasur / springbed kesayangan Anda.

Cara membersihkan springbed sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kasur tidur biasa. Namun, kurangi penggunaan air terlalu banyak karena akan memakan waktu lebih lama untuk kering. Dan , kasur yang lembap  pun dapat menjadi tempat yang disukai jamur. Alih-alih menjadi lebih bersih dan rapi , kondisi kasur / springbed dapat menjadi lebih kotor dan jorok .

Dan , supaya cara membersihkan kasur / springbed Kamu benar, ikuti beberapa tips berikut ini..

1.  Lepaskan Sprei

 

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyingkirkan semua benda yang menutupi atau berada di atas kasur. Rapikan selimut dan bantal, kemudian coba lepaskan seprai yang menutupi kasur Kamu. Bila perlu ganti sprei, selimut, dan sarung bantal dengan yang baru supaya tidak lagi mengotori kasur yang sudah dibersihkan nanti.

Pastikan lebih dulu bantal  Anda mudah dicuci dengan mesin cuci atau tidak. Jika ya , Anda tidak mencucinya dengan mesin cuci dan  kemudian mengeringkannya di bawah terik sinar matahari. Bila tidak, Anda bisa menggunakan jasa pencuci (laundry) supaya lebih mudah.

2. Siapkan alat buat merapikan kasur

springbed

Biasanya, Anda bisa menghilangkan debu, tungau, atau kuman tertentu dengan penyedot debu. Namun, cara membersihkan kasur/springbed  ini bukan cara yang tuntas Teman . Karena , masih ada jamur dan kotoran lain yang membandel dan bisa nempel di kasur.

Selain penyedot debu, siapkan juga beberapa bahan dan alat berikut, seperti:

  • Kain mikrofiber dan kain lap bersih
  • Sabun
  • Air dingin
  • Semprotan desinfekstan, seperti campuran air dengan garam, cuka putih dengan garam, atau soda kue dengan air yang ditempatkan pada botol semprotan

3. Bersihkan dengan vacuum/penghisap DEBU

penghisap debut

Supaya springbed Anda bersih ,ikuti langkah-langkah membersihkannya berikut ini.

  • Bersihkan area kasur yang nodanya lebih terlihat, kemudian lanjutkan membersihkan kasur secara menyeluruh
  • Cara membersihkan spring bed bernoda ini dengan menggunakan kain mikrofober dan semprotan berisi air dingin. Hindari air hangat karena akan membuat noda semakin meresap sehingga lebih sulit untuk dibersihkan.
  • Semprotkan air dingin pada noda, kemudian tepuk-tepuk menggunakan kain mikrofober. Supaya nodamya tidak meluas, pastikan membersihkannya dari area terluar menuju titik noda. Ingat membersihkannya dengan cara ditepuk bukan digosok.
  • Setelah nodanya mulai menghilang, tambahkan air supaya nodanya benar-benar hilang.
  • Kemudian lanjutkan dengan menyemprotkan semprotan desinfektan supaya jamur tidak berkembang di area tersebut.
  • Pastikan jika area yang dibersihkan tidak hanya permukaan atasnya saja, bagian sisi dan tepi, serta bawah kasur juga perlu dibersihkan

4. Keringkanlah Springbed / Kasur Kamu

fan

Tips membersihkan kasur / springbed yang terakhir adalah mengeringkannya. Mungkin akan lebih baik jika kasur Kamu kering karena cahaya sinar matahari. Ini membantu membunuh kuman serta jamur.

Namun, bila sangat tidak memungkinkan , letakkkanlah dekat kipas angin supaya lebih cepat kering dan posisikan kasur terkena sinar cahaya dari celah-celah jendela. Setelah jemur atau dikeringkan, Anda harus bersihkan kembali dengan penyedot debu. Kembali tutupi dengan seprai dan kasur siap digunakan.

Demikianlah artikel dari kami, semoga bermanfaat, SOBAT PERTALITE !!

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter