Ingin Tahu Posisi Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan ?

tidur siang

Berikut kami bagikan beberapa tips posisi tidur yang baik berdasarkan kondisi seseorang:

  • Posisi tidur tengkurap

Salah satu posisi tidur  yang harus diperhatikan yaitu bagaimana mudahnya Anda dapat  bernapas.  Posisi tidur Anda dengan badan tengkurap biasanya untuk Anda yang sering mengorok saat tidur, tidak sedang menderita nyeri leher atau nyeri punggung . Namun perhatikan juga kerugian tidur dalam posisi ini. Posisi tidur dengan badang tengkurap bisa mengakibatkan tekanan pada sendi dan otot leher dan juga saraf. Sebagai dampaknya, Anda dapat mengalami kebas dan nyeri, ataupun juga bisa kesemutan.  Ini dikarenakan posisi leher yang cuma menghadap ke satu sisi selama berjam-jam.

Dan di samping itu , posisi tidur dengan badan yang  tengkurap tidak cocok untuk Anda yang ingin menghindari keriput di bagian wajah/muka dan mempertahankan bentuk payudara. Tapi bila Anda cuma bisa tidur dalam posisi tengkurap atau sudah terbiasa,  Disarankan agar kamu menaruh bantal untuk menyangga dahi, dan posisikan wajah atau kepala menghadap ke bawah, ke arah kasur, bukan menghadap samping, agar pernafasan Anda lancar terbuka..

  • Posisi tidur menyamping

Tidur juga berpengaruh terhadap kesehatan otak.Dan di saat  telah tidur, proses melepaskan limbah dari  bagian otak bisa lebih baik dibandingkan saat sedang terjaga. Dengan demikian , terdapat posisi tidur yang dianggap sangat baik untuk meningkatkan pembuangan limbah dari bagian otak. Posisi Anda saat tidur yang disangga oleh rusuk yaitu tidur dalam posisi badan Anda  menyamping, diduga bisa lebih mengoptimalkan proses pembuangan limbah otak saat tidur, serta menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

Posisi Tidur saat menyamping adalah posisi yang bagus dan baik  untuk meminimalisir dengkuran atau mengorok saat tidur. Tidur dengan posisi badan Anda yang  menghadap samping dapat berdampak positif untuk wanita yang sedang mengandung, dan dianggap baik bagi mereka yang menderita penyakit asam lambung atau sleep apnea. Tapi.., posisi  ini tidak disarankan atau disarankan untuk Anda yang mengalami sakit di bagian leher atau  sakit di bagian punggung.

Tetapi posisi tidur dengan badan menyamping berdampak negatif untuk Tubuh anda, yakni dapat membuat payudara lebih melar dan menimbulkan kerutan di bagian wajah. Tidur miring juga membuat terbatasnya pernapasan melalui diafragma.

  • Posisi tidur telentang

Posisi tidur Anda dengan badan yang  terlentang bisa dibilang adalah pilihan posisi tidur yang sangat baik bagi sebagian besar mayoritas .  Posisi telentang berdampak pada kepala dan leher Anda beristirahat dalam posisi stabil. Dengan demikian, tidak ada tekanan ekstra pada tubuh dan tidak menyebabkan rasa sakit di bagian tubuh tertentu. Posisi tidur dengan gaya telentang juga dapat meminimalisir adanya penyakit asam lambung, namun anda harus pastikan bantal yang Anda gunakan menyangga kepala dengan baik.

Posisi tidur dengan badan telentang merupakan posisi tidur yang sangat baik karena dapat meminimalisir terjadinya kerutan di bagian wajah dan wajah lebih fresh dari sebelumnya saat Anda bangun tidur.  Hal ini bisa terjadi  mengingat tidak ada yang menekan wajah saat tidur dalam posisi telentang ini. Namun, tidur  posisi telentang tidak direkomendasikan untuk Anda yang mendengkur ….

Posisi Tidur bagi Bayi dan Ibu Hamil

Bagi bayi , posisi tidur telentang adalah posisi tidur yang sangat baik dan disarankan, karena  alasan keamanan si bayi. Posisi tidur dengan badan tengkurap atau menyamping dianggap berbahaya bagi bayi, karena bisa mengakibatkan terjadinya gangguan pada saluran pernapasan mereka. Bayi yang tidur dengan posisi miring dapat berubah posisi menjadi tengkurap, sehingga meningkatkan risiko terjadinya sindrom kematian mati mendadak.

Untuk ibu yang sedang mengandung, posisi tidur yang dianjurkan adalah posisi tidur menyamping ke sebelah kiri. Posisi tidur menyamping bisa dibilang  bagus untuk ibu hamil karena dapat memperlancar aliran darah ke plasenta dan bayi di dalam kandungan Ibu hamil. Namun, jika Anda  merasa kurang  nyaman saat tidur dalam posisi menyamping , ibu hamil dapat memilih posisi lain yang dianggap lebih nyaman…

Setelah mengetahui keuntungan dan kerugian posisi tidur di atas, pilihlah posisi tidur dan jenis kasur yang tepat bagi Anda , Sobat Pertalite !

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter