Tips Membeli Sofa Berkualitas Yang Aman dan Tahan Lama

sofa berkualitas merk pertalite

Ketika Anda membeli sofa berkualitas untuk melengkapi area bersantai keluarga, ada banyak hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu agar sofa yang dibeli benar-benar bisa berfungsi dengan baik.
Perhatikan kualitas dan jenis bahan yang digunakan untuk lapisan sofa
Hal pertama yang perlu Anda pikirkan untuk kenyamanan penggunaan sofa jangka panjang adalah kualitas dari jenis bahan yang digunakan untuk lapisan sofa. Sampai saat ini ada beberapa jenis lapisan sofa yang masih sering dicari, seperti:

1. Kulit
Umumnya sofa yang terbuat dari kulit akan memanfaatkan kulit sapi yang memiliki ketahanan jauh lebih lama jika dibandingkan dengan bahan lainnya. Namun demikian, sofa dengan bahan pelapis dari kulit setidaknya diletakkan di area yang tidak terlalu sering terpapar sinar matahari tetapi memiliki suhu ruang yang relatif hangat. Harga sofa dengan pelapis kulit umumnya paling mahal jika dibandingkan dengan jenis pelapis lainnya.

2. Katun
Sofa dengan bahan pelapis dari katun memiliki waktu ketahanan cukup lama jika katun tersebut dijahit dengan tingkat kerapatan tinggi. Umumnya jenis pelapis ini digunakan untuk sofa multifungsi yang bisa digunakan sebagai tempat berbaring sekaligus tempat menjamu tamu. Perawatan untuk sofa dengan pelapis katun lebih mudah jika dibandingkan dengan bahan lainnya, namun demikian, sebisa mungkin Anda harus menjauhkan bahan sofa ini dengan cairan karena memicu munculnya jamur.

3. Polyester
Sekarang ini sofa dengan bahan polyester sintetis cukup banyak dicari, karena harganya yang tidak terlalu mahal dan desainnya yang cocok untuk model rumah minimalis, gaya Scandinavian, atau gaya kontemporer. Apabila terkena noda makanan atau minuman, Anda bisa membersihkan sofa dengan bahan pelapis polyester sintetis menggunakan teknik dry cleaning.

4. Suede
Bahan suede memiliki karakter yang serupa dengan bahan beludru. Bahan suede ini menjadikan sofa terlihat mewah dan elegan. Namun demikian, apabila Anda ingin memiliki sofa berbahan suede, pastikan Anda tahu bagaimana metode perawatan yang benar.

5. Linen
Sofa dengan bahan pelapis linen umumnya tersedia dengan warna standar, seperti abu-abu, hitam, putih, krem, atau cokelat. Sofa dengan bahan linen ini cocok untuk mempercantik rumah dengan desain minimalis hingga Scandinavian.

6. Nilon
Selain terjangkau, sofa dnegan bahan nilon termasuk sofa yang perawatannya paling mudah. Anda bisa menggunakan penyedot debu hingga sikat plastik untuk menjaga sofa tetap bersih. Sofa dengan bahan pelapis nilon termasuk tahan air dan tidak mudah robek karena kerapatan rongga bahan yang sangat rapat.

7. Chenille
Chenille memiliki karakter tekstur lapisan yang halus dan lembut. Umumnya bahan pelapis jenis ini disukai oleh orang yang suka perabotan dengan gaya klasik. Namun demikian, bahan Chenille termasuk jenis bahan yang sulit dibersihkan apabila terkena noda cairan atau minyak.
Kenali jenis ketebalan busa sofa

Ketika Anda membeli sofa, jangan lupa untuk memilih tingkat ketebalan sofa yang sesuai untuk keluarga. Sampai saat ini ketebalan busa sofa yang tersedia di pasaran bisa ditemukan diantara 1-32cm. Umumnya semakin tebal busa, sofa akan terasa semakin empuk. Namun demikian, pilih juga busa yang tingkat kerapatan seratnya tinggi, sehingga saat digunakan tidak mudah kempes. Untuk bagian sandaran sofa, pastikan juga busa yang digunakan mampu menopang tubuh bagian leher kebawah, agar pada saat tubuh Anda bersandar di sofa, Anda tetap akan merasa nyaman saat duduk lama.
Sesuaikan ukuran dan model sofa dengan kebutuhan

Saat ini, Anda bisa menemukan sofa dengan beragam ukuran dan model. Ada sofa yang berbentuk seperti singgasana, tetapi ada pula sofa yang bisa berfungsi sekaligus sebagai tempat tidur. Agar keamanan dan kenyamanan sofa tetap terjamin, sesuaikan ukuran sofa dengan luas rumah atau area tempat peletakan sofa di dalam rumah. Dengan menyesuaikan ukuran sofa, Anda bisa meletakkan perabot tambahan, seperti lampu, meja, hingga perabot lain untuk membuat ruangan terlihat lengkap dan nyaman untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Pastikan kerangka sofa kokoh

Ketika Anda ingin mendapatkan sofa yang bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, pastikan untuk memiliki sofa yang kerangkanya kokoh. Membeli sofa berkualitas bisa dibuktikan saat kerangka sofa tersebut dipasang menggunakan sekrup ulir hingga pasak kayu yang kuat. Saat Anda akan membeli produk sofa, Anda bisa mencoba mendudukinya dan merasakan tingkat kenyamanan yang diberikan sofa pada saat Anda menduduki sofa tepat di bagian tengah.

Perhatikan desain dan motif sofa

Ketika Anda akan membeli produk sofa, tidak ada salahnya memperhatikan juga desain dan motif sofa untuk menyesuaikannya dengan produk furnitur lain yang ada di rumah. Memilih desain dan motif yang tepat juga akan membantu Anda membangun kesan hangat dan nyaman untuk hunian impian.

Survei beberapa lokasi

Saat Anda ingin membeli sofa jangan lupa untuk melakukan survei terlebih dahulu di beberapa lokasi yang menawarkan produk furnitur. Dengan begitu, Anda bisa memperkirakan model desain dan jenis sofa seperti apa yang Anda butuhkan bersama keluarga. Anda juga bisa membandingkan harga produk sofa setelah menyurvei beberapa lokasi.

Perhatikan metode pembayaran sofa

Untuk beberapa kalangan, harga sofa yang akan dibeli pastinya membutuhkan pemikiran khusus. Oleh karena itu, pada saat Anda akan melakukan pembelian, tanyakan dulu pada pihak penjual, bagaimana metode pembayaran yang bisa dilakukan, seperti harus membayar lunas atau bisa membayar dengan kredit menggunakan pihak ketiga. Namun demikian, ketika Anda ingin membeli sofa dengan sistem cicilan, perhatikan beberapa hal, seperti:
Besaran bunga cicilan yang perlu Anda tanggung ketika akan membeli sofa dengan metode kredit dan lama waktu tenor cicilan.
Lembaga kredit yang menyediakan bantuan kredit sofa dan bekerja sama dengan penjual. Anda perlu memperhatikan persyaratan dari lembaga kredit agar Anda tidak mengalami kesulitan saat menjalankan cicilan.
Kondisi keuangan Anda sebelum mencoba mengambil cicilan sofa dengan mempertimbangkan terlebih dahulu semua pengeluaran yang akan Anda lakukan beberapa waktu ke depan.
Jaminan keamanan transaksi yang akan Anda dapatkan baik dari penjual maupun dari pihak ketiga selama melakukan pembayaran dengan sistem kredit.

Perhatikan kredibilitas penjual sofa

Apabila Anda ingin membeli sofa berkualitas pastikan kredibilitas toko penjual sofa, terlebih ketika Anda membeli sofa secara online. Anda bisa menilai profesionalitas dan kredibilitas penjual dari beberapa aspek, seperti:
Jenis varian sofa yang dijual dan kesesuaian dengan katalog yang ditawarkan oleh penjual. Dengan begitu, Anda sebagai konsumen bisa mendapatkan sofa sesuai kebutuhan.
Lokasi penjual yang jelas, sehingga ketika Anda ingin melihat sendiri model sofa yang dijual, Anda bisa melihat langsung ke lokasi penjual.
Keramahan layanan yang diberikan oleh penjual, terlebih ketika Anda mencoba berkonsultasi model sofa yang cocok untuk rumah Anda.
Layanan garansi yang diberikan oleh penjual dan metode klaimnya yang jelas.

Demikian artikel dari kami , semoga bermanfaat , Eitss , jangan lupa membeli sofa merk Pertalite , selain menyediakan springbed , Pertalite juga mempunyai produk sofa berkualitas lho , jangan sungkan untuk bertanya kepada admin kami yaa…