6 Tips Cara Membersihkan Springbed Yang Efektif

tips membersihkan springbed

Tidur di springbed yang bersih, wangi dan empuk, tentunya akan membuat tidur menjadi lebih nyaman, nyenyak dan berkualitas. Akan tetapi, sayangnya cukup banyak orang yang jarang membersihkan springbed. Padahal tanpa disadari springbed yang jarang dibersihkan akan menjadi sarang kuman dan sumber penyakit bagi tubuh.

Efek Springbed Kotor Bagi Kesehatan

Kita menghabiskan 7-8 jam waktu di atas kasur untuk istirahat / tidur. Itulah mengapa kasur atau spring bed harus dalam keadaan bersih, bebas dar debu, noda, kuman, jamur hingga tungau. Springbed yang kotor akan menimbulkan efek bagi kesehatan penggunanya.

Beberapa efek buruk yang mungkin terjadi pada kesehatan Anda diantaranya, kulit gatal, batuk, memicu kambuhnya alergi, kulit menjadi berjerawat. Semua hal tersebut dapat mengganggu tidur Anda bahkan bisa mengganggu aktivitas di keesokan harinya. Lalu bagaimana cara atau tips membersihkan springbed dengan benar? Nah, berikut kita simak bersama tips membersihkan spring bed.

Tips / Cara Membersihkan Springbed

  • Melepaskan Sprei & Mencuci Bantal Guling

    Hal pertama yang harus dilakukan tentu adalah menyingkirkan semua benda yang berada di atas spring bed. Pindahkan bantal, guling, selimut dan juga lepaskan sprei, bila perlu siapkan sprei baru untuk dikenakan setelah spring bed bersih.

    Cuci juga bantal, guling dan selimut. Jika bantal dan guling terbuat dari bahan yang mudah dicuci, cucilah dengan mesih cuci, keringkan dan jemur di bawah sinar matahari. Jika dirasa tidak bisa mencuci sendiri, Anda bisa menggunakan jasa laundry.

  • Menyiapkan Alat-alat Untuk Membersihkan Kasur

    Debu dan tungau pada spring bed bisa Anda bersihkan menggunakan mesin penyedot debu. Akan tetapi spring bed belum bersih sempurna, masih ada kuman dan jamur yang menempel serta membandel di kasur Anda. Untuk itu selain alat penyedot debu, Anda perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan sebagai berikut :

    1. Kain lap bersih dan kain mikrofiber atau handuk
    2. Spons atau kanebo
    3. Sabun
    4. Larutan pewangi
    5. Air dingin

    Semprotan desinfektan (seperti campuran air dan garam, campuran garam dan cuka putih, atau campuran air dan soda kue), yang kemudian ditempatkan di botol semprotan

  • Langkah Membersihkan Springbed

    Setelah spring bed dibersihkan dengan alat penyedot debu. Tahap selanjutnya adalah membersihkan area spring bed dari noda yang terlihat, baru kemudian membersihkannya secara menyeluruh.
    Pembersihan dari noda dilakukan dengan menggunakan kain mikrofiber dan semprotan berisi air dingin. Hindari menggunakan air hangat, karena akan membuat noda justru semakin meresap dan semakin sulit untuk dibersihkan. Semprotkan air dingin pada noda yang terlihat kemudian tepuk-tepuk menggunakan kain mikrofiber.

    Tepuk-tepuk dari area luar noda hingga ke titik tengah noda. Pastikan membersihkannya dengan ditepuk-tepuk bukan digosok, agar noda tidak semakin meluas. Jika noda mulai menghilang, Anda bisa menyemprotkan air lagi untuk memastikan noda benar-benar hilang.

    Setelah bersih dari noda, tahap selanjutnya adalah menyemprotkan semprotan desinfektan racikan Anda, untuk membersihkan kuman dan jamur agar tidak berkembang biak di area bekas noda tadi.
    Pastikan untuk membersihkan semua area spring bed, tidak hanya pada permukaannya saja. Bersihkan juga area tepi, sisi dan bawah kasur. Jika semua sudah dipastikan bersih, selanjutnya adalah ke tahap akhir, yakni tahap pengeringan.

  • Tips Membersihkan Noda Dengan Beberapa Ramuan

    Tips membersihkan spring bed dari noda dengan menggunakan ramuan rumahan, seperti:
    1. Tepung maizena dapat Anda gunakan untuk membersihkan noda seperti noda ompol atau noda basah lainnya. Caranya cukup mudah, yakni dengan menaburkan sedikit tepung maizena ke atas noda yang masih basah, kemudian diamkan kurang lebih 15 menit. Setelah itu tempelkan handuk kering pada noda basah / noda ompol, untuk menyerap sisa air. Kemudian bersihkan sisa tepung dengan vacuum cleaner, lalu semprotkan sedikit air serta pewangi ke area bekas noda ompol tadi.

    2. Hidrogen peroksida (H202) merupakan salah satu oksidator yang kuat. Anda bisa menggunakannya untuk menghilangkan noda di permukaan spring bed / kasur. Cara membersihkannya cukup mudah, dengan menutup noda dengan handuk, kemudian tuangkan cairan hidrogen peroksida di atas handuk. Biarkan selama beberapa menit, lalu taburkan bubuk soda kue yang akan berfungsi menyerap cairan hidrogen peroksida. Setelah itu gunakan handuk lain untuk menekan-nekan bagian noda tadi.

    Alkohol juga bisa digunakan untuk membersihkan noda spring bed. Gunakan alkohol 70%, tuangkan cairan alkohol pada bagian noda yang ingin dibersihkan, letakkan handuk atau tisu penyerap ke sisa cairan alkohol. Keringkan spring bed dengan dijemur atau diangin-angini menggunakan kipas angin.
    Cuka juga biasa digunakan untuk membersihkan noda ompol. Caranya dengan menyemprotkan cairan soda kue dan air di atas noda ompol. Kemudian tuangkan cuka putih secukupnya di atas noda. Tunggu beberapa saat, kemudian tekan bagian yang terkena noda menggunakan handuk kering. Aroma cuka yang kuat akan membantu menghilangkan bau pesing pada spring bed Anda. Kemudian dikeringkan.

    3. Obat kumur ternyata juga bisa dijadikan bahan untuk membersihkan noda di permukaan spring bed. Cara membersihkannya cukup mudah, campurkan larutan obat kumur dengan air. Kumudian semprotkan ke bagian noda ompol yang ada di permukaan spring bed. Keringkan dengan handuk dan jemur spring bed hingga benar-benar kering. Sama seperti cuka, aroma dari obat kumur juga cukup kuat untuk menghilangkan bau pesing.

  • Proses Pembilasan

    Pembilasan bisa dilakukan dengan menggunakan spons atau kanebo yang sudah dicelupkan dalam larutan pewangi. Lakukan pembilasan ini beberapa kali hingga spring bed benar-benar bersih dari cairan lain yang disemprotkan sebelumnya.

    Anda juga bisa menyemprotkan cairan pewangi ke seluruh area spring bed, tapi usahakan untuk menyemprotkan secara merata dan tidak membuat spring bed terlalu basah. Setelah proses pembilasan selesai, selanjutnya proses mengeringkan spring bed.

  • Proses Pengeringan

    Proses pengeringan ini bisa dilakukan di bawah sinar matahari langsung, karena akan dapat membantu memusnahkan jamur dan kuman secara lebih maksimal. Tetapi jika tidak memungkinkan untuk membawa springbed keluar rumah. Maka Anda bisa menggunakan kipas angin untuk mengeringkannya.

    Anda bisa memosisikan springbed di dekat jendela atau letakkan di area yang terkena sinar matahari dan letakkan kipas angin mengarah ke area spring bed. Setelah spring bed kering, bersihkan lagi dengan penyedot debu untuk memastikan tidak ada debu yang menempel selama proses pengeringan.
    Kembali tutup permukaan spring bed Anda menggunakan sprei yang baru. Letakkan kembali bantal, guling dan selimut yang juga sudah bersih. Spring bed sudah siap untuk Anda gunakan kembali.

    Tidur dengan alas yang empuk, bersih dan wangi akan membuat tidur lebih efektif, nyaman dan nyenyak. Semoga tips membersihkan springbed di atas bisa membantu Anda membersihkan springbed secara mandiri di rumah.

    Namun jika Anda merasa kesulitan dan tidak memiliki waktu untuk membersihkannya sendiri, Anda dapat menggunakan jasa pembersih springbed, kasur, sofa dan semacamnya yang juga sudah cukup banyak dijumpai. Dan juga , pastikan anda memilih springbed berkualitas merk Pertalite .. Demikian, semoga informasi yang kami berikan bermanfaat ..