5 Posisi Tidur Yang Nyaman Untuk lbu Hamil

posisi tidur yang nyaman untuk ibu hamil

Memiliki buah hati pastilah menjadi hal yang sangat menggembirakan untuk semua pasangan suami istri. Bahkan tidak sedikit dari pasangan suami istri melakukan banyak usaha program kehamilan agar mendapatkan momongan. Setelah sekian lama menunggu dan berbagai usaha yang telah dilakukan, kehamilan menjadi sesuatu hal yang sangat dinantikan. Jika seorang istri telah positif segala hal pasti akan dilakukan oleh para calon orang tua agar sang jabang bayi dapat tumbuh sehat dan kuat dalam kandungan dengan harapan lahir dalam kondisi selamat dan juga sehat.

Mulai asupan makanan sang ibu yang betul-betul dijaga dari memperhatikan kandungan nutrisi serta menghindari makanan yang dapat memberikan pengaruh buruk pada bayi. Kemudian memperhatikan aktivitas sehari-hari, seperti mengurangi kegiatan berat yang menyita begitu banyak tenaga yang dapat memberikan mempengaruhi kondisi janin. Dan juga mulai untuk memperhatikan posisi tidur nyaman untuk ibu hamil.

Tidur atau kondisi dimana mengistirahatkan tubuh atau pikiran merupakan salah satu hal yang terlihat mudah namun cukup krusial untuk para bumil utamanya mengenai posisi tidur yang nyaman tidaknya sang ibu tapi untuk adik bayi dalam kandungan. Oleh sebab itu, tidak hanya sekedar tidur, bagi anda yang sedang mengandung anda perlu memperhatikan posisi tidur anda yang paling baik untuk sang bayi sesuai dengan umur kehamilan anda. anda yang masih bingung, berikut terdapat posisi tidur yang nyaman untuk ibu hamil,berikut ulasannya :

  1. Tidur tengkurap untuk usia kehamilan 1 bulan

    posisi tidur tengkurap
    img src : CNN Indonesia

    Posisi tidur satu ini merupakan posisi yang paling banyak dampak buruknya untuk tulang yang mana dipaksa dalam posisi miring  90 derajat bahkan selain itu dapat membuat ketegangan pada bagian tulang leher, tulang punggung, nyeri dan juga kebas.
    Namun bagi bunda yang terbiasa tidur dengan nyenyak dengan posisi ini, anda masih dapat melakukannya asalkan usia kehamilan masih usia bulan dan maksimal usia 16-18 minggu. Jika perut semakin besar, posisi ini semakin lama akan menjadi sangat tidak nyaman. Selain faktor kenyamanan, tidak ada faktor yang berbahaya lain yang perlu anda khawatirkan,sebab dinding rahim dan cairan ketuban dapat melindungi bayi dalam rahim agar tidak terjepit. Agar semakin nyaman anda dapat meletakkan bantal pada perut anda. Paling penting bunda dapat bernafas dengan lancar, karena tidak hanya bunda yang membutuhkan oksigen namun juga bayi anda.

  2. Posisi tidur telentang pada trimester pertama

    posisi tidur telentang
    img src : pexels.com

    Selanjutnya posisi yang paling sering dilakukan oleh banyak orang saat tidur adalah posisi tidur telentang. Meskipun posisi ini umum dilakukan dan normal, namun untuk ibu hamil dengan usia trimester kedua dan ketiga sangat tidak disarankan untuk tidur dalam posisi telentang. Sebab, posisi ini akan membuat para bunda membebankan seluruh berat rahim dan sang bayi  pada bagian punggung, usus, serta vena cava utamanya yang membawa darah menuju kembali ke jantung dari tubuh bagian bawah bunda. Akibatnya tekanan pada punggung ini dapat memperburuk sakit punggung, wasir, serta pencernaan menjadi kurang efisien.

    Menurut dokter kandungan DR, Archana Dhawan Bajaj, dalam beberapa kasus tertentu kondisi akan membuat anda kesulitan dalam bernafas yang dapat memicu bahaya bagi anda dan juga  sang jabang bayi,bahkan dapat membuat bayi kurang berat badan.dalam sebuah jurnal kondisi paling membahayakan dapat membuat janin meninggal dalam kandungan.
    Jadi perlu diingat, bunda dapat tidur dalam posisi ini saat kehamilan trisemester pertama atau dua bulanan. Agar punggung bunda lebih nyaman,sebaiknya bunda juga memperhatikan jenis tempat tidur yang bunda gunakan serta gunakan bantal tambahan pada punggung anda. sehingga saat anda berguling telentang, bunda dapat yang masih memungkinkan darah dapat mengalir dan memberi makan bayi dalam kandungan.

  3. Posisi terbaik dengan tidur menyamping ke kiri

    posisi tidur menyamping
    img src : Hello Sehat

    Masing-masing dari bunda pastilah memiliki posisi tidur nyaman dan berkualitas favoritnya sendiri-sendiri. Namun saat sedang masa kehamilan posisi tidur yang bunda lakukan tidak boleh diremehkan, karena setiap posisi memiliki efeknya masing-masing. Menurut Ginekolog posisi menyamping sangatlah disarankan untuk bunda yang sedang hamil, utamanya miring ke sebelah kiri.

    Organisasi National Sleep Foundation menyebutkan jika posisi tidur menyamping menjadi posisi terbaik untuk bumil karena memungkinkan oksigen dan juga nutrisi yang optimal untuk mengalir ke janin dalam kandungan, dan posisi ini menjadi yang paling dilakukan oleh bumil karena posisinya yang sangat nyaman. Selain itu, menyamping kiri dapat membantu bumil agar tidak memberikan tekanan berlebihan pada organ hati serta meningkatkan kesehatan ginjal dan mampu mengurangi pembengkakan di tangan serta kaki para ibu hamil..
    Jika posisi sedikit membuat pegal, anda juga dapat memiringkan tubuh menghadap samping kanan, utamanya jika para bumil  mengalami sakit maag dapat tidur dengan posisi setengah berbaring

  4. Tidur dengan posisi setengah duduk

    posisi tidur setengah duduk
    img src : ibu dan balita

    Selanjutnya bunda dapat menyamankan diri dan juga janin dalam kandungan dengan beristirahat, tidur dalam setengah duduk. Posisi ini dapat membantu anda untuk lebih nyaman saat memejamkan mata malam hari. Dengan posisi kepala dan punggung atas diganjal dengan bantal, akan mengurangi nyeri pada ibu hamil pada area ulu hati yang sering mengganggu. Kondisi nyeri ini sering terjadi pada bumil karena dipicu hormon progesteron yang merelaksasi otot diantara lambung serta kerongkongan atau esophagus, yang menyebabkan asam lambung dan makanan dapat berbalik menuju ke esophagus.
    Untuk menambah kenyamanan tidur dengan posisi ini anda dapat menggunakan banyak bantal disekitar tempat tidur. Gunakan bantal yang lembut untuk area kepala, tangan, kaki, dan juga punggung untuk mendapatkan posisi yang paling nyaman. Posisi tidur setengah duduk ini dapat bunda lakukan pada usia kehamilan 3-4 bulan.

  5. Tidur dengan posisi letter S

    Posisi letter Suntuk ibu hamil ini akan membantu para bunda untuk memperoleh tidur yang nyaman serta dapat mengatasi lelah yang berlebihan. Tidur dengan posisi menyerupai huruf S ini dapat anda lakukan dengan posisi miring dengan mengganjal beberapa area menggunakan bantal atau guling. Anda dapat mencapitnya pada bagian paha, kemudian meletakkan bantal tambahan pada bagian punggung dan juga tangan.

    Agar semakin menambah kenyaman saat tidur anda dapat menggunakan kasur dengan jenis pegas yang lembut, agar membantu tubuh bumil tidak terlalu lelah atau pegal meskipun dengan posisi seperti ini sepanjang malam.
    Kenyamanan tidur anda dapat anda peroleh denganmenggunakan bantal khusus kehamilan dengan berbagai bentuk atau juga bantal bersalin untuk dapat menopang bagian area kepala. Selain memperhatikan jenis kasur berkualitas yang digunakan,untuk menambah tidur anda semakin nyenyak anda bisa melakukan beberapa aktivitas sebelum beranjak ke tempat anda tidur.
    Lakukan mandi air hangat sebelum tidur. Hal ini dapat membantu para bunda untuk merasa lebih rileks serta nyaman, sehingga bumil akan lebih mudah tertidur.

    Latihan pernafasan. Bunda yang sedang mengandung pada usia trisemester pertama kehamilan, anda dapat berbaring di atas ranjang secara telentang dan posisi menyamping untuk usia trimester kedua atau ketiga dengan bantal sebagai penyangga. Lakukan latihan pernafasan menggunakan hidung dengan pelan dengan keadaan mulut tertutup. Anda bisa menahannya selama beberapa detik kemudian mengeluarkannya kembali melalui hidung dalam 4 hitungan. Latihan akan membantu bunda merilekskan otot yang tegang serta menurunkan detak jantung, yang akan membuat bunda cepat tertidur. Demikian artikel dari kami , semoga bermanfaat sobat pertalite !!!