6 Manfaat Menjaga Pola Tidur Untuk Kesehatan

pola tidur yang baik

Badan yang fit, bugar, serta sehat tentunya menjadi keinginan semua orang. Bagaimana tidak? Dengan badan yang sehat dan bugar kita mampu melakukan aktivitas sehari-hari dengan sangat baik dan juga terhindar dari segala macam virus serta penyakit. Untuk memperoleh badan sehat tentunya ada kebiasaan yang harus dijaga, yaitu pola hidup yang sehat. Pola hidup yang sehat inilah kunci dan harus jaga untuk memperoleh badan yang sehat dan bugar.

Pola hidup sehat ini diantara seperti menjaga asupan makanan yang masuk ke tubuh, berolahraga secara rutin, tidur di springbed murah berkualitas ,meminimalisir stress, mengurangi konsumsi gula, banyak minum air putih, serta menjaga pola tidur. Dari beberapa pola hidup sehat yang perlu dijaga, ternyata pola tidur menjadi salah satu pemicu badan menjadi tidak sehat jika polanya tidak teratur dan sembarangan. Pola tidur yang salah seperti, tidur terlalu larut, begadang, tidur hanya sebentar, dan gangguan tidur atau insomnia. Hal simple semacam tidurpun dapat memiliki akibat yang bisa membahayakan kesehatan tubuh jika terus dilakukan. Banyak efek buruk yang ditimbulkan dari pola yang tidak sehat ini, seperti mudah stress, berat badan berkurang dan lain sebagainya.

Untuk menjaga tetap sehat, ada baiknya mulai sekarang anda yang hobi begadang untuk menguranginya. Karena banyak manfaat menjaga pola tidur yang baik untuk kesehatan.

Mencegah tubuh dari berbagai macam penyakit

Manfaat pertama dari menjaga pola tidur anda adalah, salah satu upaya untuk mencegah tubuh diserang berbagai macam penyakit. Fungsi dari menjaga pola tidur salah satunya untuk tidak begadang adalah anda memberikan waktu organ tubuh anda untuk beristirahat setelah seharian bekerja mengolah segala makanan, oksigen, mengalirkan darah dan masih banyak lagi. Karena, jika anda terus-terusan begadang, hal ini memaksa organ tubuh anda untuk terus-menerus bekerja, dan hal ini dapat berisiko menimbulkan penyakit seperti stroke, jantung, tekanan darah tinggi ginjal, detak jantung yang tidak teratur, diabetes, serta naiknya hormons stres.

Jadi, selain mengistirahatkan badan yang lelah setelah seharian beraktivitas, anda juga menjaga tubuh agar terhindar dari resiko terkena penyakit.

Menjaga berat badan

Buat anda terkhususnya kaum hawa yang selalu mengeluhkan “aku gendutan ya”, ada baiknya anda untuk mengubah pola tidur, dengan tidur lebih awal. Dari beberapa informasi, kurang tidur dapat meningkatkan risiko obesitas pada remaja dan beberapa kelompok usia tertentu. Karena tidur dapat mempengaruhi tubuh dalam memproses serta menyimpan karbohidrat, dengan cara menjaga hormon yang menimbulkan rasa lapar (ghrelin) atau kenyang (leptin) tetap seimbang.

Jadi, kita kurang tidur hormon lapar akan naik sedangkan hormon kenyang akan turun, sehingga anda akan merasa kelaparan.

Dapat mengontrol emosi

Tahukah anda, jika kita kurang tidur emosi kita akan menjadi tidak terkontrol. Dalam beberapa kasus, orang yang kurang tidur akan menjadi cepat marah, tidak sabar, sulit untuk berkonsentrasi, murung, stres, parahnya dapat menyebabkan depresi. Tidak sedikit juga kurang tidur dapat membuat kita menjadi terlalu lelah dalam melakukan hal-hal yang diinginkan. Jadi demi menjaga kondisi emosi serta mental yang baik, ada baiknya untuk menjaga pola tidur.

Lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas keesokan harinya.

Manfaat menjaga pola tidur selanjutnya adalah anda akan menjadi lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas keesokan paginya. Anda dapat bangun lebih awal dan dapat persiapan diri anda lebih tertata sebelum akhirnya memulai aktivitas. Kondisinya akan berbeda ketika anda kurang tidur, dimana anda dapat terlambat bangun, bangun menjadi lebih malas, serta menjalani hari menjadi kurang bersemangat. Hal ini dapat terjadi karena tubuh dipaksa untuk bangun dan menjalani aktivitas seperti biasa, padahal tubuh belum sepenuhnya beristirahat dan kantuk yang belum benar-benar hilang. Hal ini juga dapat mengakibatkan kepala menjadi pusing dan berat.

Membantu pertumbuhan tubuh

Manfaat lain dari menjaga pola tidur yaitu dapat membantu dalam menjaga pertumbuhan serta perkembangan tubuh yang sehat. Tidur yang nyenyak mampu melepaskan hormon yang dapat mendukung pertumbuhan normal pada tubuh anak-anak dan remaja, dimana hormon ini dapat memperbaiki sel-sel dan jaringan serta meningkatkan massa otot pada anak-anak, remaja, dan juga orang dewasa.

Dapat aktif di siang hari 

Kualitas tidur yang terjaga akan membuat anda menjadi tetap aktif sepanjang hari. Dengan begitu tubuh anda akan menjadi produktif selama beraktivitas. Berbeda dengan mereka yang kurang tidur, dimana mereka akan menjadi kurang produktif, susah mengingat, dan menjadi lebih sering melakukan kesalahan.

Menurut beberapa penelitian, idealnya orang dewasa memiliki kualitas tidur yang baik  itu 7 hingga 8 jam, 8 hingga 10 jam untuk remaja, 9-11 jam untuk anak-anak, serta 10 hingga 13 jam untuk balita. Namun untuk mencapai kualitas tidur terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi, dan salah satunya yang pengaruh adalah tempat tidur. Tempat tidur yang nyaman akan berpengaruh pada kualitas tidur yang baik. Nah, jenis yang dapat kamu pilih untuk menunjang pola tidur anda adalah tempat tidur Springbed.

Salah satu jenis kasur yang menggunakan pegas didalamnya. Walaupun didalamnya terdapat pegas, Springbed dilapisi dengan kantong busa untuk memberikan kenyaman maksimal saat anda berbaring. Selain memberikan pengaruh dalam manfaat menjaga pola tidur, springbed sangat disukai anak-anak atau mungkin anda sendiri sangat menyukainya, karena dapat digunakan untuk bermain dimana anda dapat melompat-lompat, tapi jangan terlalu sering ditakutkan akan perlahan merusak pegas didalamnya.

Spring bed sendiri terdiri dari beberapa jenis, diantaranya adalah

  1. Jenis innerspring

Salah satu jenis Springbed yang yang paling umum digunakan serta murah, sehingga menjadi buruan banyak konsumen. Jenis ini, menggunakan matras yang mana didalamnya dilengkapi dengan pegas baja. Kerennya springbed innerspring, pegas yang digunakan dapat mengikuti tekanan tubuh, sehingga memberikan kenyaman saat berbaring di atasnya. Hanya saja, saat dipakai jenis iki akan mengeluarkan suara yang cukup bising.

  1. Jenis Pocketed Coil

Tidak berbeda jauh dari innerspring, hanya saja jenis setiap pegasnya di masukkan ke dalam saku khusus atau seperti dibungkus.Fungsi kantong pegas ini untuk mengurangi suara bising yang ditimbulkan saat kita berbaring diatasnya, selain itu kantong ini membuat pegas menjadi berpisah-pisah sehingga tekanan pada springbed akan merata tidak hanya beban pada satu titik. Karena kelebihannya ini, harganya lebih mahal dibanding dengan springbed innerspring.

  1. Jenis Pillow Top

Jenis Springbed satu ini bisa dibilang springbed “mewah”. Jenis kasur ini menggunakan pegas dengan bantalan-bantalan empuk dan halus yang berada di permukaan springbed. Bantalan empuk ini akan memberikan pengalaman tidur layaknya sedang bersantai di atas awan. Selain itu bantalan ini akan membuat anda tidak akan merasakan pegas yang ada dalamnya. Karena “kemewahannya” inilah, jenis kasur ini terbilang sangat mahal dibandingkan jenis yang lainnya.

  1. Jenis Natural Fiber

Selanjutnya terdapat jenis springbed natural fiber, dimana matrasnya terbuat dari serat alami. Karena alami, dalam matras diisi dengan serta seperti wol, kapas, lateks, sabut kelapa, dan juga bambu.

Kesimpulan

Memang menjaga pola tidur itu sangat baik untuk kesehatan. Dan, memilih springbed atau kasur yang nyaman dan berkualitas juga dapat meningkatkan kualitas tidur lho, oleh sebab itu, pastikan anda memilih springbed yang nyaman dan berkualitas hanya di Pertalite Springbed !!!