7 Bahaya Akibat Sering Begadang

Karena alasan deadline tugas dan pekerjaan, banyak orang memilih untuk begadang. Bahkan tidak hanya itu, ada juga yang memilih begadang demi kegiatan tidak penting seperti bermain game, menonton drama, atau mengobrol dengan kerabat hingga larut malam. Padahal, begadang tidak hanya merusak pola tidur, tetapi juga berdampak buruk bagi kesehatan.

Banyak ahli menekankan pentingnya tidur demi kesehatan mental dan fisik. Walaupun terlihat mudah dan sepele, tidur ialah aktivitas yang eksklusif bagi kebanyakan orang, khususnya para pekerja yang kerap begadang untuk menyelesaikan tugasnya.

Begadang bukan hadir tanpa risiko. Ada sederet ancaman yang mengintai jika begadang jadi kebiasaan sehari-hari.

Mungkin bagi sebagian orang, tuntutan pekerjaan seperti shift malam tidak dapat dihindari sehingga terpaksa begadang. Namun, bagi Anda yang begadang untuk alasan lain, sebaiknya menghindari hal tersebut karena ada banyak bahaya buruk yang mengincar. Berikut ini beberapa efek akibat sering begadang yang sering terjadi:

1. Waktu tidur tidak disiplin


img src : pexels.com

Umumnya, durasi tidur ideal orang dewasa adalah sekitar 7 – 9 jam perhari. Hal itu berarti, Anda harus sudah berada di kasur sejak pukul 9 malam dan terbagun sekitar jam 6 pagi keesokan harinya. Jika Anda begadang pada malam hari maka waktu tidur akan bergeser, dan jika dilakukan secara terus menerus maka akan menjadi kebiasaan. Akibatnya, Anda akan bangun kesiangan dan mengalami kurang tidur.

2 . Lingkar mata akan menghitam 

Salah satu cara paling mudah untuk membedakan orang yang sering begadang adalah dari penampilan wajahnya. Biasanya Anda yang terlalu sering begadang akan terlihat pucat dan tidak segar. Bahkan, muncul lingkar mata menghitam atau biasa disebut mata panda. Mungkin bagi kaum hawa, Anda dapat menutupinya dengan make up, tetapi bagi kaum adam akan sulit.

3 . Badan akan mudah capek


img src : pexels.com

Ketika Anda merasa lelah, salah satu obat paling murah untuk menyembuhkannya adalah dengan tidur pada media yang nyaman seperti kasur springbed murah berkualitas atau sofa yang empuk. Namun, karena Anda begadang pada malam hari maka waktu istirahat menjadi berkurang. Akibatnya, badan Anda justru akan mudah menjadi capek.

4 . Turunnya produksi hormon

Bahaya begadang lainnya ialah turunnya produksi hormon. Hormon pertumbuhan sampai dengan testosteron dapat terkena dampak negatif akibat kekurangan jam tidur. Untuk pria, turunnya testosteron dapat mengakibatkan munculnya lemak, berkurangnya kekuatan dan massa otot, tulang yang rapuh, sampai mudah letih.

5. Resiko mendapatkan penyakit jantung

Begadang bisa membahayakan jantung. Sebuah penelitian menemukan, setiap satu jam waktu tidur yang berkurang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung sebesar 11 persen.

Jadi , Anda harus tidur minimal 8 jam untuk meminimalisir adanya penyakit jantung ..

6. Obesitas / naiknya berat badan

Keseringan begadang membuat mulut ingin mengunyah. Apa daya, berbagai camilan pun dilahap. Padahal, hal ini jelas tak baik jika dilakukan terus menerus.

Perut akan kembali merasa lapar saat tengah malam.  Kebiasaan begadang yang akan membawa Anda pada aktivitas ngemil akan menimbulkan masalah pada proses metabolisme tubuh.

Makan larut malam bisa merusak periode puasa alami tubuh. Kebiasaan ini juga bisa mengganggu kemampuan tubuh untuk membakar lemak.

7. Tekanan darah menjadi tinggi

Coba cek tekanan darah setelah Anda begadang semalaman. Studi pada 2013 menemukan, orang yang gemar melek semalaman 30 persen lebih mungkin mengalami kenaikan tekanan darah daripada mereka yang gemar bangun pagi.

Bahaya-bahaya begadang di atas sangat penting untuk membuat gaya hidup menjadi lebih sehat.

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter